Sekolah Alam Ar-Ridho

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

SMP

Membangun karakter cinta lingkungan melalui jumat bersih

E-mail Print PDF

Oleh: Salamah

Guru SMP Alam Arridho

Salah satu karakter yang dibangun karakter cinta lingkungan. Cara membangun karakter cinta lingkungan ini salah satunya adalah melalui program “Jumat Bersih”.

Sesuai dengan namanya “Jumat Bersih”, program inipun dilaksanakan setiap hari Jumat di pagi hari setelah pelaksanaan dzikir, do’a, dan sholat dhuha. Semua guru dan siswa ikut terjun langsung dalam mensukseskan program ini dengan dikoordinasi oleh salah satu guru. Kegiatan Jumat Bersih ini meliputi Operasi Semut dan pemilahan sampah, membersihkan kelas, masjid dan kamar mandi. Itu semua adalah kegiatan rutin setiap hari jumat pagi. Selain itu ada program tambahan yaitu pembuatan kompos dari sampah daun yang dibuat dengan tempat gentong kecil dan Biopori.

Last Updated on Monday, 24 February 2014 11:26

ANTARA KERINGAT DAN CINTA DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

E-mail Print PDF

Oleh: Susanti, Kepala SMP Alam ArRidho

 

Keberhasilan dunia pendidikan dalam mendidik siswa sangat berpengaruh kepada karakter suatu bangsa, karena pendidikan yang sukses adalah yang berhasil menanamkan karakter nilai-nilai kebaikan kepada anak didiknya. Dan outputnya anak didiknya mampu mengimplementasikan nilai-nilai kebaikan tersebut di dalam kehidupannya.

Menurut survey yang dilakukan oleh PERC (Politicand Economic RiskConsultancy) berkedudukan di Hongkong pada tahun 2011, peringkat Indonesia dalam skor korupsi adalah tertinggi di Asia dengan nilai skor 9.92 (dari total skor 10). Indonesia menempati posisi tertinggi di dalam kasus korupsi. Ini mengindikasikan bahwa pendidikan yang dilakukan selama ini belum berhasil dalam menanamkan karakter nilai-nilai kebaikan kepada peserta didik. Hal ini disebabkan pendidikan di Indonesia lebih mengedepankan akademik, dibandingkan karakter. Walaupun sekarang ini sudah di dengung-dengungkan tentang pendidikan karakter, namun pada kenyataannya yang terjadi adalah drilling materi akademik, tanpa didampingi dengan pengembangan karakter peserta didik. Sehingga out put-nya adalah generasi yang secara akademik jitu, tetapi rapuh dalam karakter. Kalau kita belum bisa mengubah kondisi ini dalam skala nasional, marilah kita sebagai guru bisa mengambil peran. Karena peran seorang guru sangat dibutuhkan, seorang guru yang mempunyai karakter baik akan yang menjadi teladan bagi anak didiknya. Sehingga karakter nilai kebaikan tersebut bisa mengakarkuat dalam diri anak didik, dan anak didik tersebut bisa mengaplikasikan nilai kebaikan tersebut di dalam seluruh dimensi kehidupannya, tidak hanya sebatas saat mereka di bangku sekolah, tetapi juga di masyarakat dan dunia kerja mereka kelak.

Bakti sosial SMP Alam ArRidho

Karakter nilai kebaikan tersebut akan tertanam kepada anak didik, jika gurunya secara allout berperan sebagai seorang pendidik. Seorang guru minimal mempunyai 3 peran agar fungsinya sebagai pendidik optimal, yaitu: sebagai syaikhul ilmu, syaikhuttarbiyyah, dan syaikhuttarqiyyah.

Last Updated on Friday, 12 April 2013 08:41

BUAT APA ANAK YANG BANDEL?

E-mail Print PDF

Anak itu susah diatur, nakal, aktif, dan lain sebagainya. Mungkin itu label yang disematkan oleh anak yang bernama “bandel”. Sengaja atau tidak, mungkin salah satu di antara kita telah menyematkan gelar “bandel” itu kepada seorang anak. Sebelumnya mari kita renungkan sebuah kisah tentang seorang anak di kelas dan sekolahnya.

Ketika Pak Guru ini memangil satu per satu muridnya, ternyata ada satu murid yang tidak berangkat. Murid yang tidak berangkat ini mempunyai reputasi yang jelek di mata Guru dan teman – temannya. Dia murid yang suka bolos, malas, dan masih banyak lagi. Bahkan segala hukuman baik yang ringan maupun yang beratpun sudah dilakoninya. Terakhir sebelum diberi dispensasi, hasil keputasan dewan Guru anak ini mau dikeluarkan. Tapi atas kebijaksanaan kepala sekolah anak ini diberikan kesempatan karena posisinya sebagai murid kelas 3 yang sebentar lagi mau lulus.

Lamunan Pak Guru tentang anak itu terhenyak oleh seorang murid yang bertanya “ Apa yang bisa diharapkan dari seorang murid yang bandel?”. Dengan lembut dan bijaksana Pak Guru menjawab “selalu ada harapan dari manusia. Apapun bentuk serta kelakuannya manusia selalu membawa harapan. Sebandel apapun anak itu, dia pasti memiliki manfaat bagi orang yang ada di lingkungannya. Bahkan Pak Guru berpesan pada muridnya “ teman kalian memang bandel. tapi kalau semua orang memandangnya dari kaca mata kebandelan maka yang kelihatan adalah keburukan. Dengan dijauhi dia akan semakin menjauh. Anak itu butuh obor. Kalian teman – temannya bisa menjadi obor”.

Tiba – tiba sang ketua kelas berkata “ bagaimana kita bisa mendekatinya kalau dia terus menjauh”. Maka Pak Guru pun menjawab “ fokus pada kedekatan bukan kejauhan. Jika dia berjalan menjauh maka kalian harus berlari mendekat. rangkul dia. Ajak bicara dari hati ke hati. Perlakukan dia seperti kalian memperlakukan anak yang baik”.

Last Updated on Monday, 01 April 2013 09:48

Prestasi SMP Alam Ar Ridho

E-mail Print PDF

 

A. Olah raga

1. Juara 3 Lomba Sepak Bola Popda  Kota Semarang Tahun 2008

2. Juara 2 Lomba Lari Sprint tingkat Kota Semarang Tahun 2007

B. Seni

1. Teatrikal puisi tentang “Penyelamatan Bumi” menjadi penngisi acara Semarang in Expo di

Java Mall pada Februari 2012

2. Teatrikal puisi menjadi pengisi acara Creativity Five Anniversary Investo diselenggarakan

oleh Kompas Muda didukung Pertamina Foundation di Politeknik Negeri Semarang

pada bulan Februari 2012.

3. Juara I Lomba Pentas Seni Budaya dalam Jambore Ayo Tanam Mangrove

Tingkat  Nasional Tahun 2011

4. Club Pantomim perform di Semarang EducationExpo di Java MallTahun 2011.

5. Juara 1 Lomba Menggambar Komik Tingkat Kota Semarang Tahun 2011

6. Juara 2 Lomba Menggambar Komik Tingkat Kota Semarang Tahun 2011

7. Club Teater menjadi Pengisi Acara Unnes Green di Universitas Negeri Semarang Tahun 2009

C. Fotografi

Last Updated on Monday, 11 February 2013 13:42

Sarana SMP Alam Ar Ridho

E-mail Print PDF

 

- Laboratorium Sains

- Laboratorium Komputer

- Library

- Ruang budidaya jamur tiram

- Ruang bisnis handycraft

- Kolam budidaya lele

- Sarana outbound

- Hotspot

 

Last Updated on Monday, 11 February 2013 13:46
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
You are here: SMP